Di tengah percepatan perubahan teknologi yang terus berkembang seperti saat ini, secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi media promosi produk. Sekarang pengusaha yang ingin mengiklankan produknya, bisa menggunakan berbagai macam strategi promosi yang tentunya telah disediakan oleh advertising agency.

Pada saat ini, media promosi menggunkan billboard memang lumayan banyak dipilih, terbukti dengan banyaknya billboard di berbagai daerah. Jika Anda ingin menggunakan tipe media promosi ini, sebaiknya ketahui beberapa tips di bawah ini. Agar promosi atau hal yang lain, dapat tersampaikan dan mudah dipahami oleh target market.

Ketahui 8 Tips Beriklan Menggunakan Billboard/Baliho

Dalam pelaksanaannya, penggunaan billboard dan baliho adalah sebuah keputusan tepat jika anda akan melakukan branding bagi usaha. Berikut ini ada 8 tips beriklan dengan menggunakan billboard dan baliho.

Cari Lokasi Billboard yang Strategis

Anda sebagai pengguna media promosi ini tentu harus mengetahui dalam menentukan lokasi beriklan yang tepat dan strategis. Dalam kasus ini Anda harus membuat riset akan target pasar Anda. Setelah mengetahuinya pasang billboard, atau reklame dilokasi target market Anda berada.

Pasang billboard di lokasi yang mudah dibaca oleh pengguna jalan, seperti pada tepi jalan, disamping kanan dan kiri jembatan, dan atas gedung atau yang lainnya. Dengan begitu, billboard atau media promosi yang terpasang akan mudah dilihat oleh publik.

Beriklan dengan baliho
Beriklan dengan baliho

Gunakan Layanan Mobile Billboard

Sedikit orang yang mengetahui jika saat ini telah banyak tersedia jasa penyewaan billboard, yang bukan hanya memasang iklan menggunakan papan saja. Tepai menggunakan media promosi yang dikerjakan lebih efisien dan canggih, yakni menggunakan mobile billboard.

Penggunaan papanreklame biasanya, membuat target pasar tidak terbidik secara optimal. Berbeda jika Anda menggunakan mobile billboard. Seperti namanya, mobile, maka iklan akan dilakukan secara bergerak. Biasanya, iklan tipe ini, diaplikasikan pada mobil atau kendaraan tertentu, yang memang dikontrak sebagai media promosi dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kendaran yang digunakan untuk mobile billboard tentu cukup beragam, contohnyan pada bus, truk pengantar barang, dan yang lain sebagainya.

Gunakan Kalimat yang Singkat, Padat dan Mudah Diingat

Yang harus Anda ketahui ketika Anda akan menyewa papan iklan, misalnya sewa billboard Jogja. Meskipun papan iklan tersebut ukurannya besar, sebaiknya tulisan yang digunakan tidak lebih dari 8 kata dalam 1 kalimat.hal itu dikarenakan mengingat papan iklan ini biasanya dipasang di pinggir jalan, tentu saja cukup mempengaruhi kemampuan pengendara dalam membaca tulisan di papan iklan.

Biasanya saat orang sedang berkendara, atau sedang berjalan kaki, maka kemampuan untuk membaca menjadi begitu singkat. Rata-rata hanya 5 detik saja, artinya tulisan yang sanggup untuk dibaca juga sedemikian singkat.

Titik baliho dan billboard jogja
Titik baliho jogja

Maka dari itu buatlah tulisan yang singkat, padat, jelas dan gampang dipahami juga gampang diingat oleh pembaca. Sehingga meskipun nampak sekilas, hanya dengan melihat gambar dan tulisan yang ada, target market bisa menangkap produk apa yang sedang Anda promosikan.

Sedikit tambahan tips untuk bagian ini yaitu perhatikan ukuran huruf, tipe huruf yang digunakan, tingkat kontras antara huruf dan background, gunakan tulisan warna putih pada background yang berwarna hidup.

Gunakan Lebih Banyak Gambar

Bila dilihat dari segi psikologi, setiap orang bisa lebih cepat menangkap gambar, daripada tulisan. Disamping itu juga visual yang menarik membuat orang semakin tertarik dan dapat mengingatnya dengan baik. Jadi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan billboard, maka gunakan gambar yang cocok. Di mana gambar tersebut mampu merepresentasikan produk yang akan dipromosikan.

Ada beberapa tips untuk membuat gambar yang menarik, contohnya seperti, menggunakan teknik siluet yang kuat, supaya gambar nampak lebih menarik. Atau gunakan warna pas yang dapat membuat orang sanggup mengingatnya, hanya dalam 1 lirikan saja.

Cantumkan Nomor Kontak dan Alamat Web dengan Jelas

Tidak hanya memberi informasi berbentuk tulisan dan gambar saja, Anda juga diharuskan mencantumkan informasi yang lain, seperti nomor kontak atau nomor telepon yang aktif, bahkan alamat web jika ada dan alamt media social brand/produk Anda.

Tentu saja informasi ini menjadi hal yang paling bermanfaat, untuk beberapa customer, atau beberapa target market, untuk mengenali lebih dalam, mengenai brand/produk, atau bisnis yang sedang Anda promosikan.

Adanya informasi tersebut, membuat customer atau target market yang tertarik bisa langsung menghubungi nomor kontak, situs sresmi atau bahkan juga media social dengan cepat. Hasilnya infomasi yang diperlukan oleh target market atau customer juga lebih cepat, dan komplit. Otomatis hal ini akan membuat brand/produk Anda juga semakin baik.

Cek Biaya Sewa Billboard

Selanjutnya cek biaya billboard yang ditawarkan oleh jasa penyedia iklan. Anda bisa berkunjung langsung pada advertising agency atau bahkan konsultasi via media social terlebih dahulu untuk menanyakan harga penyewaan billboard.Tentu saja harga pasang billboard di setiap kota berbeda.

Perhatikan billboard yang Anda perlukan dan yang disewakan, waktu untuk penyewaan billboard, tipe papan iklan yang digunakan (seperti billboard tipe frontlite, billboard tipe backtitle, dll).

Cek Fasilitas yang didapat dalam Penyewaan Billboard Sebagai Media Promosi

Hal yang lain yang juga sangat penting, saat Anda akan menyewa billboard sebagai media promosi, cek fasilitas yang didapat dari advertising agency selaku penyedia jasa. Biasanya, advertising agency, selain memberi media konstruksi yang kuat, juga memberikan lampu sebagai media penerangan yang bagus pada billboard. Tetapi, sebaiknya Anda juga menanyakan terkait ada atau tidaknya fasilitas lain yang akan Anda peroleh ketika Anda menggunakan jasa mereka.

Sewa Lokasi Iklan Secara Bijak

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum pasang baliho, ialah perhatikan secara baik, tingkat kebutuhan, budget, cara pemasangan, biaya sewa dan lamanya peneyewaan media promosi tersebut.

Tidak direkomendasikan memasang papan iklan hanya pada satu titik saja dalam periode waktu yang lama. Sebaiknya penyewaan dilakukan dalam waktu kurang dari 3 bulan, kemudian, Anda bisa menyewa billboard di tempat yang lainnya. Selain bertujuan supaya pengguna jalan tidak bosan, juga memberi peluang pada pengendara di jalan lain untuk mengenali brand/produk bisnis Anda

Tentu dengan adanya informasi mengenai tips yang tepat sewa billboard di atas akan menambah wawasan Anda bagaimana cara sewa billboard dengan baik dan benar, agar target pasar bisa diperoleh.

Silakan jika anda berminat untuk beriklan di baliho kami:

Titik Baliho Jogja

INDOREKLAME ADVERTISING

Whatsapp : 087738004700

TELEPON 0274 487617

Jl Wahid Hasyim no 47 , Waringinsari, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta,