Istilah advertising pasti sudah sering kalian dengar kan? Yak, advertising identik dengan kegiatan branding, promosi dan segala sesuatu tentang iklan. Mempromosikan sebuah produk atau jasa memang membutuhkan promosi dan iklan agar informasi tersampaikan sesuai target. Sebuah perusahaan advertising menyediakan produk yang bisa digunakan untuk support kegiatan branding bagi para perusahaan besar yang ingin mengadakan kegiatan promo dan branding.

Advertising juga lekat dengan kegiatan event, setiap event pasti akan membutuhkan media promosi luar ruang untuk menyampaikan info kepada masyarakat luas terkait event yang akan diselenggarakan. Oleh sebab itu para pelaku event organizer senantiasa bekerjasama dengan perusahaan advertising profesional untuk menjalankan media promosi luar ruang yang diperlukan.

Advertising untuk branding
Advertising untuk branding

Definisi Advertising

Advertising adalah kegiatan iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa agar masyarakat memiliki daya Tarik terhadap produk atau jasa tersebut. Advertising lekat kaitannya dengan kegiatan branding sebuah perusahaan untuk menarik para calon konsumen agar ertarik terhadap produk atau jasa yang akan mereka jual.

Advertising selalu menjadi pilihan utama mereka untuk menaikkan penjualan dan memperluas area market yang tertarget dan tertuju. Dengan melakuakan kegiatan branding, maka target pasar akan diuji oleh kegiatan promosi luar ruang dan lainnnya.

Jadi sesuai dengan artinya, advertising yaitu bidang yang melingkupi berbagai kegiatan promosi pada sebuah perusahaan atau unit usaha. Dan tentunya perusahaan advertising agency sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kegiatan ini di masyarakat.

Baca Juga : Branding Mobil

Kegiatan Branding

Dalam memulai branding, ada baiknya kita melakukan analisa terlebih dahulu terhadap pasar yang akan kita target, tanpa analisis yang pasti kita tidak akan mempunyai data yang valid untuk melakukan kegiatan branding sesuai tujaun awal yaitu menarik calon konsumen yang tertarget.

Kegiatan branding
Kegiatan branding

Kegiatan branding terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

  • Tahap Pengenalan Produk kepada masyarakat

Dalam tahapan ini kita harus menganalisis produk apa yang akan kita jual kepada masyarakat, apa yang akan kita jual dan seberapa butuhnya masyarakat terhadap produk atau jasa yang akan kita jual. Tahap ini sangat penting untuk menentukan target branding kita kedepannya. Sehingga diperlukan kejelian yang khusus untuk melakukan tahapan ini.

  • Tahap menentukan benefit

Setelah menentukan target pasar, selanjutnya yaitu perlunya menganalisis hitung-hitungan harga yang akan dijual kepada masyarakat. Dengan begitu kita bisa menghitung target market yang berpotensi seberapa besar. Kita bisa melakukan riset area market untuk menghitung benefit yang akan kita hasilkan dari penjualan sebuah produk atau jasa yang akan dibranding.

  • Tahap meyakinkan produk kepada masyarakat

Tahap ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa produk atau jasa yang kita jual memiliki kualitas terbaik daripada produk lain yang dijual juga kepada masyarakat. Kita harus mencari kelebihan produk kita yang di produk lain tidak ada. Yakinkanlah kepada masyarakat bahwa produk kita adalah produk yang paling tepat untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  • Tahap menciptakan sales

Pada tahapan ini, materi branding harus tertuju dan harus menghasilkan sales. Beberapa kegiatan branding bisa dilakukan akan tetapi hanya mendapatkan area market. Nah dari sini kita maksimalkan bahwa perluasan area market harus dibarengi dengan sales yang berbanding lurus dengan bertambahnya area market. Dalam tahap ini produk atau jasa harus suda terjual dan menanamkan kepercayaan bahwa produk yang kita jual adalah produk yang berkualitas.

  • Tahap Repeat Order

Dalam kegiatan branding beberapa sales harus dimaintenance dengan baik oleh tim khusus agar bisa terciptanya kembali pembelian yang selanjutnya, atau biasa disebut Repeat Order. Dalam tahap ini data target harus sudah lengkap dan bagaimana kita harus pintar memelihara mereka sebagai langganan. Materi promosi untuk pelanggan yang sudah order harus berbeda, berikan keuntungan yang lebih untuk target repeat order.

Advertising untuk branding
Advertising untuk branding

Nah begitulah kira-kira tahapan kegiatan branding yang harius dipahami dan dijalankan oleh setiap perusahaan dalam melakukan branding produk atau jasa yang tepat. Bila anda belum begitu memahami dunia branding, bisa dikonsultasikan dengan perusahaan advertising yang sudah professional menangani branding ini.