Berbicara mengenai stiker, pastinya sebagian dari Anda sudah  ada yang mengetahui yang dimaksud dengan stiker, tetapi terkadang masih banyak juga yang belum mengetahui manfaat dari stiker khususnya dalam kegiatan marketing serta promosi suatu produk/brand.

Oleh karena itu, Saya akan   kupas secara detil apa manfaat stiker yang wajib anda pahami, khususnya manfaat stiker  dalam memperkenalkan merk dari sebuah produk/brand yang Anda tawarkan  dihadapan calon konsumen, serta memberikan nilai dari satu merk secara keseluruhan.

Tapi sebelumnya, Saya akan  menyinggung sedikit perihal yang dimaksud dengan stiker dan  asal usulnya, dan jenis-jenis stiker serta variasi ukuran yang ada di pasar, dan beberapa alasan utama bagi Anda untuk memanfaatkan stiker menjadi media promosi.

Manfaat Stiker Cutting
Jenis stiker mobil

Pengertian Stiker dan Asal-Usulnya

Stiker adalah media promosi yang serupa dengan label, yang mempunyai perekat (adhesive) di sisi belakangnya, maka dari itu mudah ditempelkan dimana saja sesuai keinginan Anda, di tempat yang tak menyalahi aturan atau Undang-Undang Negara Republik Indonesia.

Pemanfaatan stiker sendiri sudah digunakan sejak zaman mesir kuno, yang pastinya memiliki bentuk yang berbeda dengan stiker saat ini, dan pada saat itu stiker biasa digunakan  untuk menempelkan harga suatu produk komoditas di pasar, yang dapat diganti setiap harinya.

Stiker semi modern pertama kali muncul  berbentuk perangko ciptaan Sir Rowland Hill di tahun 1839, yang mulai mengaplikasikan tambahan lapisan adhesive di sisi belakang kertas.

Jika untuk kepentingan pemasaran serta promosi sendiri, stiker label telah diaplikasin sejak tahun 1880 di Eropa, dengan ditampah lapisan yang namanya “gum paste” di bagian belakang kertas warna-warni, serta ditempelkan di buah-buahan yang mereka jual agar tampilannya menarik di mata konsumen.

Stiker untuk branding
Contoh stiker pada branding mobil

Tipe Stiker dan Ukurannya

Ada beberapa tipe stiker yang akan Anda temui jika Anda membelinya di jasa printing atau percetakan, dari masing-masing jenis memiliki kelebihan serta kekurangannya, di antaranya yaitu:

  1. Stiker Kertas HVS, tipe stiker yang satu ini biasanya dipakai karena  harganya yang murah,biasa  digunakan sebagai stiker label  dikemasan minuman serta makanan, daya rekatnya kuat, akan tetapi gampang luntur dan pudar sehingga tidak cocok untuk digunakan di area luar.
  2. Stiker Vinyl, tipe stiker yang menggunakan bahan vinyl yang lentur dan biasanya kuat ditempatkan di luar ruangan (outdoor), tidak mudah sobek, tidak meningkalkan bekas, akan tetapi harganya  lebih tinggi jika dibandingankan dengan stiker yang menggunakan bahan kertas seperti HVS.
  3. Stiker Kromo, tipe stiker yang dibuat dari bahan  kertas akan tetapi mempunyai  ketahanan yang bagus dan harga relatif murah, maka dari itu kerap menjadi alternatif apa bila budget Anda tidak masuk untuk cetak stiker vinyl, akan tetapi biasanya akan menyisakan bekas pada saat dikelupas.
  4. Stiker Foil, tipe stiker yang menggunaan bahan kertas aluminium foil yang mengkilau, biasanya terdapat warna perak atau emas, yang dapat memunculkan kesan elegan dan mewah, yang umum digunakan juga  sebgai alternatif sablon kaos (Polyflex).
  5. Stiker Scotchlite, tipe stiker yang dapat memantulkan sinar, sehingga tampak menyala jika terkena sinar sorot lampu motor atau mobil, yang biasa diaplikasikan pada jaket petugas penyelamat dan seterusnya.
  6. Stiker One Way, tipe stiker yang dapat ditempel di kaca dan hanya akan nampak di satu sisi saja, sementara di sisi yang lainnya tidak akan menghalangi pandangan  Anda seandainya melihat ke sisi yang lain.

Untuk ukuran stiker sendiri begitu beragam, dan umumnya kebanyakan disesuaikan berdasarkan tujuan dari  penggunaannya dan dimensi media yang hendak ditempel stiker. Dibawah ini saya akan jelaskan ukuran-ukuran standar yang biasa digunakan, diantaranya yaitu:

  1. Buat kebutuhan label kemasan, kebanyakan memiliki bentuk lingkaran atau persegi, dengan ukuran diameter 1,5cm atau 1,5x15cm jika berbentuk segi empat ukuran diameter 7cm atau 7x7cm,
  2. Untuk kebutuhan label buku, atau pada inventaris, normalnya ukuran stiker yang dipakai mulai dari 1,8 x 5 cm sampai  3,7 x 7,5 cm, tetapi biasanya sudah terdapat kode tersendiri untuk setiap ukurannya.
  3. Untuk stiker cutting pada kendaraan tak ada ukuran pastinya, sebab tergantung pada tipe serta brand kendaraannya, tetapi untukt stiker yang ditempelkan pada kaca mobil biasanya menggunakan ukuran persegi dimulai dari 4 x 6 cm sampai 9 x 13 cm.

Manfaat Stiker

Selanjutnya kita akan beralih ke pokok pembahasan dalam topik kali ini, yakni perihal manfaat stiker khususnya dalam kegiatan promosi dan pemasaran, serta apakah masih relevan apa bila digunaan pada era saat ini.

Fungsi dan manfaat dari stiker dalam kegiatan pemasaran dari suatu produk/brand yang harus anda ketahui yaitu diantaranya sebagai berikut:

Penyedia Informasi

Manfaat stiker yang pertama yaitu bisa menjadi suatu cara yang bagus dalam menyampaikan sebuah  informasi tambahan untuk para konsumen Anda, serta dapat dimanfaatkan untuk menyoroti informasi utama yang bisa menaikkan peluang penjualan atas produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Hal-hal  detail seperti kontak, harga, serta rinciani produk / layanan utama seluruhnya tergolong  dalam manfaat stiker yang bisa membuat stiker itu lebih terlihat oleh calon konsumen, terutama jika  Anda membuatnya dengan desain yang kreatif, unik dan menarik.

Media Promosi dengan Biaya Murah

Untuk biaya produksi stiker sendiri pastinya lebih murah bila dibanding dengan pamflet atau flyer, dan apabila desain stiker Anda menarik justru akan dapat ditempelkan dengan senang hati oleh mereka yang menerima stiker dan pastinya dapat bermanfaat untuk mencapai target market yang lebih luas.

Saat Anda menentukan strategi pemasaran untuk bisnis Anda , tentu anggaranlah yang menjadi poin penting yang  diperhitungkan. Pembuatan stiker normalnya memiliki harga yang lebih murah dibanding media promosi yang lain seperti iklan di TV, iklan spanduk, iklan Google, dan sebagainya. Meskipun murah stiker  memiliki  efektivitas yang tinggi pula.

Anda juga dapat membuat dengan jumlah kecil terlebih dahulu untuk membuat uji coba apakah diterima secara baik atau mungkin tidak oleh calon konsumen Anda, kemudian setelah itu silakan Anda memutuskan untuk membuatnya dalam jumlah besar atau tidak.

Media promosi dengan Berbagai Ukuran

Menariknya manfaat stiker ini tidak ada batasan ukuran di stiker yang akan Anda buat, maka dari itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan promosi  dari produk/brand Anda, yang pastinya makin fleksibel.

Dimulai dari stiker kaca mobil yang ukurannya kecil hingga ukuran yang dapat mencakup keseluruhnya bagian kaca dengan menggunakan stiker tipe one-way, sampai pada cutting stiker untuk keseluruhnya bodi mobil atau motor yang pastinya akan sangat menarik perhatian dari target market.

Sebagai Pelengkap Media Promosi

Manfaat stiker yang lainnya ialah sebagai pelengkap dari media promosi yang telah  Anda gunakan, seperti company profil, pamflet, flyer, souvenir, dan seterusnya, yang umumnya dapat bagikan dalam satu goodie bag.

Anda dapat membuatnya dengan desain yang serupa pada media promosi yang Anda gunakan , serta dapat dipastikan stiker adalah media promosi yang mudah untuk digunakan dan disimpan, terutama jika  desain yang dimiliki menarik dan unik, karena banyak juga yang punyai hoby melekatkan  stiker diberbagai media, misalnya di kaca mobil, buku, kulkas atau bahkan lemari dan pintu.

Media Promosi yang Tahan Lama

Khususnya ketika Anda mencetak stiker dengan menggunakan bahan yang tahan lama, kuat serta tak mudah luntur seperti Vinyl, Oracal atau Ritrama, maupun brand yang lainnya, maka stiker yang telah ditempelkan oleh komsumen Anda akan jarang untuk dilepaskan, terutama bila kondisinya tetap bagus.

Selain desain, isi atau conten dari stiker pastinya perlu Anda pertimbangkan, buatlah semenarik mungkin agar target market Anda semakin tertarik untuk menempelkannya.

Jangan hanya membuat stiker nama brandnya saja, terkecuali jika nama produk/brand Anda sudah didesain dengan unik dan menarik sehingga terlihat keren untuk ditempel, namun buatlah stiker yang menambahkan nilai seperti pesan peringatan yang diungkapkan secara humor atau perihal yang lainnya.

Memancing Call-to-Action

Call-to-Action atau yang sering disebut dengan CTA adalah pesan kalimat atau kata-kata yang bisa mengundang pembacanya buat bergerak beli atau menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan salah  satu manfaat stiker yang dapat Anda gunakan yakni membuatnya menjadi media yang beriisikan pesan CTA tersebut.

Kalimat seperti “Discount 90% all items” atau “Membeli 1 Gratis 1” di stiker yang anda tempelkan di kemasan produk dengan tulisan yang dapat dibaca dari jarak jauh akan menjadi efektif  untuk memancing minat konsumen yang melihatnya.

Pastinya isi dari kalimat atau pesan CTA itu tergantung pada  kepentingan dan tujuan yang anda ekspektasikan, tentu akan  akan disesuaikan dengan desain serta jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

Manfaat stiker dalam kegiatan pemasaran serta promosi tetap masih penting dan memang perlu Anda coba dalam mempromosikan dan perkenalkan produk atau layanan Anda pada calon konsumen.

Saat Anda mendesain stiker dengan kreatif, unik dan  menarik di mata target pasar anda, atau memberi nilai lebih yang tentu akan dapat memancing penerima stiker untuk melekatkannya, atau terdapat pesan CTA yang bisa membantu menaikkan closing, maka stiker menjadi media yang efektif untuk Anda coba gunakan.

harganya yang murah juga membuat stiker menjadi salah satu media promosi yang bisa dijangakau dan Anda dapat membuatnya dalam jumlah banyak, sehingga akan mencakup target pasar lebih luas lagi.

Saya harap penjelasan yang saya sampaikan terkait manfaat stiker  bisa membantu Anda dalam memahami manfaat stiker dan kegunaannya dalam kegiatan promosi dan branding yang dapat menaikkan penjualan produk Anda.

Silkan bagi anda yang ingin mengaplikasikan stiker untuk kegiatan branding baik di tempat usaha, maupun pada kendaraan / mobil. Bisa menghubungi WA dibawah ini.