Apa itu baliho? Pada umumnya, pengertian baliho yaitu suatu wadah atau fasilitas promo yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memberitahukan suatu aktivitas atau momen yang berkaitan dengan public secara luas.

Istilah “baliho” berasal dari bahasa Arab yang artinya menyampaikan. Hal-hal yang disampaikan melalui baliho yaitu pesan yang tersirat, pemberitahuan, promo, iklan atau pernyataan yang sifatnya dapat dilihat oleh publik. Baliho sangat erat kaitannya dengan promosi suatu produk.

Baliho sebagai salah satu hasil dari perkembangan ilmu dan teknologi, yang khusunya pada kecanggihan mesin cetak digital. Media promosi ini dicetak dengan menggunakan mesin print digital yang kebanyakan berupa vertikal ataupun portrait. Baliho kerap digunakan untuk media promosi karena baliho mudah dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, tahan lama, dan ringkas.

Pengertian Baliho
Manfaat dan Pengertian Baliho untuk Promosi

Ciri-ciri Baliho

Berdasarkan pengertian diatas,berikut adalah  ciri-ciri  dari baliho:

  • Baliho dibuat untuk mempromosikan suatu produk atau acara tertentu kepada masyarakat umum.
  • Baliho ditandai dengan ukuran yang besar sehingga mudah dilihat oleh public secara luas.
  • Biasanya ditempatkan di pinggir jalan, terutama pada jalan-jalan besar atau jalan utama
  • Proses bongkar pasang terbilang mudah dan cepat.

Fungsi dan Manfaat Baliho

Baliho yang sejak dulu digunakan sebagai media promosi dan informasi tentunya memiliki fungsi dan manfaat yang tidak dimiliki oleh media lain, manfat dan fungsi baliho diantaranya yaitu:

  • Untuk menyampaikan poin penting iklan kepada masyarakat luas.
  • Baliho sebagai media promosi yang mudah dilakukan dengan biaya yang ekonomis.
  • Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara cepat dan mudah.
  • Baliho untuk menaikkan penjualan serta menaikkan pamor atau popularitas dari pengiklan.
  • Untuk menunjukan eksistensi sebuah produk
Jenis Bahan Baliho
Jenis Baliho Menurut Bahannya

5 Jenis Baliho

Jenis baliho dapat dibedakan berdasakan bahan yang digunakan dan dari ukuranya. Berikut adalah gambaran dari jenis-jenis baliho

  1. Flexi Korea/ Flexi Cina, keduanya memiliki kualitas bahan yang tidak terlalu jauh berbeda.
  2. Flexi Jerman, baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus, dengan hasil cetak yang lebih tegas dan harganya lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.
  3. Abadros, baliho dengan kualitas yang lebih bagus untuk kategori indoor. Kelebihan dari bahan ini memiliki permukaan halus yang menjadikan desainnya terlihat lebih fokus.
  4. Baliho Vertikal, baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Biasanya dibuat dengan bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan dipasang pada tiang.
  5. Baliho Horizontal, baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh

Baliho biasanya diartikan dengan sebuah poster berukuran besar, yaitu 2 sampai 4 kali ukuran poster pada umumnya. Maka dari itu baliho bisa disebut juga sebagai poster yang memiliki ukuran besar.

Kita tahu bahwa poster mempunyai ukuran internasional di antaranya A0, A1, A2 serta A3. Yang membedakan keduanya ialah pada display sistemnya. Baliho kebanyakan miliki display dengan system kaki ataupun dudukan dengan bentuk Y, X, Ring atau Donut.

Jenis Bilboard Media Branding
Baliho dan Billboard

Tidak hanya bentuk-bentuk kaki baliho tersebut saja tapi masih ada bentuk yang bisa dibuat sebagai display sistem. Contohnya moving roll baliho atau baliho yang dapat diputar. Ada juga hanging baliho atau baliho yang bisa digantung.

Itulah penjelasan singkat mengenai pemahaman baliho serta fungsi dan jenis baliho. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca.