Brand awareness atau kesadaran merek adalah potensi pelanggan dalam mengetahui dan mengingat suatu produk, merek atau jasa. Meningkatkan Brand awareness sangat penting untuk sebuah bisnis/usaha sebab pembeli lebih memilih membeli produk berasal dari merek yang dikenalinya. Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey memaparkan bahwa  59% customer cenderung membeli  produk baru yang dibuat oleh merek yang tidak asing untuk mereka.

Meningkatkan Brand Awareness
Meningkatkan Brand Awareness

Bagaimana Meningkatkan Brand Awareness ?

Menumbuhkan dan menaikkan brand awareness bukanlah proses yang gampang dijalankan. Tetapi keberhasilan proses ini tentu akan  memberikan efek periode panjang yang bagus bagi sebuah bisnis/usaha. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin usahanya terus berkembang, Anda bisa mencobanya beragam cara yang telah diringkas untuk menaikkan brand awareness di bawah ini.

Branding untuk meningkatkan brand awareness
Kegiatan Branding

Buatlah Logo dan Tagline yang Menarik

Hal yang sangat fundamental untuk membuat brand awareness yaitu menciptakan logo dan tagline yang menarik. Logo akan selalu nampak pada setiap yang berkaitan dengan usaha Anda. Mulai dari produk, poster, website, media sosial, kartu nama dan dokumen yang lain. Desainlah logo brand yang ikonik agar lebih melekat dan orang akan ingat produk Anda dalam sekali lihat.

Dan juga, buat tagline yang simpel akan tetapi dapat merepresentasikan produk Anda. Maka mudah  diingat dan customer bisa dengan mudah menautkan dengan merek Anda saat mereka dengar atau membaca tagline. Tetapi simpel di sini bukan bermakna sembarangan, sebab tagline yang tidak baik justru dapat memberi citra buruk pada brand. Tentukan kalimat yang bermakna, mewakili produk, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari customer.

Aktif pada Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness

Membentuk citra di media sosial dikatakan sebagai langkah terbaik supaya lebih dekat dengan konsumen. alasannya yaitu sebab masyarakat sekarang ini hampir semuanya memiliki akun media sosial baik itu Tiktik, Facebook, Instagram, Twitter dan seterusnya. Menurut “World Digital Around The 2019“, di Indonesia sendiri terdapat 150 juta orang sebagai pengguna media soisal dari keseluruhan 268 juta penduduk. Dan sedikitnya menghabiskan waktu 3 jam 26 menit tiap harinya untuk mengakses media sosial dalam tujuan apapun.

Anda dapat menjangkau target market dengan memanfaatkan platform yang sehari-hari mereka akses. Dengan media sosial  memiliki peluang merek/brand bisa dikenali oleh target market tertentu secara spesifik. Supaya produk/brand Anda cepat dikenali oleh target pasar, manfaatkan fitur promotion atau iklan. Brand awareness bisa juga ditingkatkan dengan bekerja sama dengan influencer yang aktif di media sosial.

Buat Website yang Informatif dan Menarik

Tidak hanya aktif di media sosial, Anda pun sebaiknya manfaatkan website yang dimiliki. Buatlah tampilan website yang menarik dan informatif. Bangunlah website yang user-friendly supaya mudah digunakan oleh pengunjung website. Dan juga, sajikan informasi produk atau layanan yang tawarkan dengan lengkap, ringkas, dan dapat dipahami.

Agar calon konsumen tertarik untuk mengunjungi website sebuah produk, maka buatlah konten artikel yang memuat informasi yang berhubungan dengan mereka. Dengan adanya artikel, Anda bukan hanya mengedukasi calon pembeli, tetapi juga dapat sekaligus mengarahkan customer pada produk Anda.

Mengikut Event

Mengikuti event adalah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan produk/brand secara kepada publik. Suatu event biasanya dikunjungi oleh banyak orang, apabila sebuah brand menjadi sponsor atau open booth dalam suatu event pastinya pastinya brand tersebut akan memperoleh exposure. Supaya tepat sasaran, tentukan acara berdasarkan yang partisipannya sesuai dengan target market produk/brand.

Selain itu, dengan mengikuti sebuah event bisa memberikan peluang kepada calon pembeli untuk bergaul secara langsung dengan mengenalkan produknya secara langsung. Yaitu dengan melihat bentuk produk  yang ditawarkan secara langsung. Makin banyak event yang Anda sponsori atau yang Anda selenggarakan, maka target market akan semakin dekat dengan produk Anda.

Co-Branding

Produk/brand  Anda masih sedikit diketahui oleh customer? Co-branding dapat menjadi salah satu jalan keluar yangperlu dicoba. Co-branding yaitu kerja sama di antara dua brand atau lebih yang memiliki maksud untuk menaikkan citra produk atau jasa. Salah satu contoh co-branding yang kita ketahui yaitu Chitato dan Indomie, Chitato mengeluarkan produk dengan rasa Indomie goreng. Penggabungan ini termasuk cukup unik sehingga konsumen dibuat ingin tahu dan ingin untuk mencobanya.

Pastinya langkah ini mengangkat citra kedua brand sekaligus. Walau tak sefantastis seperti penggabungan kedua  merek besar ini, setidaknya dengan co-branding brand Anda terpajang dengan brand yang lebih besar dan membantu customer untuk lebih mengenalinya. Tetapi saat anda melkaukan startegi ini, pastikan brand  yang anda gandeng untuk kerja sama memiliki profile customer yang serupa dengan brand Anda dan tidak miliki citra perusahaan yang buruk.

Memberi Reward

Siapakah yang tak suka dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan gratis? Seroyal apaun customer terhadap sebuah produk, pastinya tetap berkeinginan untuk ikuti promosi produk yang lain yang memberinya diskon, promo dan voucher. Anda dapat memanfaatkan langkah ini untuk menarik calon pelanggan yang masih belum mengetahui atau mencoba produk Anda.

Menawarkan reward  ini dengan sejumlah prasyaratan seperti share postingan terkait brand Anda di media sosial mereka atau kode refferal. Dengan demikian, calon customer atau pelanggan yang mengikuti promosi ini akanturut membantu Anda dalam menyebarkan nama brand Anda.

Menggunakan Influencer

Sebelumnya telah dibahas terkait bekerja sama dengan influencer dalam pemasaran melalui media sosial, pada kesempatan ini akan diulas lebih jelas. Langkah berikut disebut juga dengan influencer marketing, yang mana para pemilik usaha  menggunakan jasa  influencer untuk mempromosikan produk pada media sosial yang mereka punyai.

Influencer ini umumnya orang yang memiliki followers yang lumayan banyak dan terhubung dengan audience yang luas. Influencer rata-rata amat dipercayai oleh pengikunya, maka produk atau layanan apa saja yang dipakai bisa saja menjadi referensi ide buat mereka. Maka apabila sebuah brand mempromokan produk melalui influencer, banyak followers influencer akan mengetahui brand dan kemungkinan miliki hasrat untuk menggunakan produk yang serupa dengan idola tersebut.

Meningkatkan brand awareness bisa dijalankan dengan berbagai langkah. Tetapkan lah strategi yang pas agar betul-betul membantu usaha berkembang untuk periode panjang. Dalam prosesnya, jangan lupa selalu tentukan anggaran dan mencatat pengeluaran untuk jalankan strategi menaikkan brand awareness.

Sehingga Anda bisa memeriksa pengeluaran dan menganalisis keberhasilan strategi Anda sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan. Untuk membuat Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan usaha, termasuk pendataan pengeluaran marketing, coba gunakan software akuntansi Jurnal.

Media Promosi Branding
Media Promosi Branding

Tingkatkan Brand Awareness dengan Jasa Advertising

Dalam kegiatan branding, pasti akan dibutuhkan partner perusahaan advertising di lapangan. Jasa advertising di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Magelang, dan Lain sebagainya banyak menawarakan jasa media promosi untuk mendukung kegiatan branding anda.