Benda-benda yang terbuat dari bahan stainless bisa kita jumpai dimana-mana, mulai dari peralatan makan, memasak dan lain sebagainya. Bahan stainless memang banyak digunakan karena bahan ini terbilang cukup awet karena tahan karat. Disinilah kepopuleran stainless dimanfaatkan oleh industri reklame, seperti dalam pembuatan papan nama huruf timbul stainless.

Huruf adalah elemen visual yang sangat efektif dalam penyampaian informasi, seperti nama toko, perusahaan, brand produk dan lain sebagainya. Itulah kenapa dalam pembuatan huruf timbul stainless kita perlu berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Semuanya membutuhkan tahap perancangan desain, bahkan ada imu desain yang mendalaminya secara khusus yaitu ilmu Thypography.

Stainless steel sudah terbukti menjadi bahan material logam yang memiliki keawetan tinggi. Dari situlah banyak orang yang menggunakan jasa produksi huruf timbul stainless karena dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Untuk bikin huruf timbul stainless memang agak sulit karena membutuhkan keterampilan dan keahlian, untuk itu percayakan pada orang yang ahli dalam pembuatan huruf timbul stainless.

Huruf Timbul Stainless
Huruf Timbul Stainless

Untuk harga letter timbul stainless tidak begitu mahal, tergantung dari tingkat kesulitan proses pembuatannya. Penasaran bagaimana cara pembuatan huruf timbul stainless? Mari simak ulasan berikut ini

Cara Membuat Huruf Timbul Stainless

Perancangan Desain

Hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan huruf timbul stainless yaitu merancang desain huruf yang akan dibuat. Di tahap inilah kehati-hatian sangat dibutuhkan baik dalam desain huruf maupun layoutnya saat dirangkai menjadi sebuah kata. Penting juga untuk mengetahui informasi tentang untuk apa huruf timbul ini dibuat, jika itu untuk sebuah nama perusahaan maka Anda haurs memilih font spesial yang memiliki ciri khas tersendiri. Kalau itu untuk alamat atau visi-misi perusahaan maka buatlah huruf dengan font yang mudah dibaca.

Bikin Huruf Timbul Stainless
Bikin Huruf Timbul Stainless

Memindahkan Desain Ke Lembar Stainless

Setelah Anda menentukan desain seperti apa yang akan dibuat, selanjutnya pindahkan pola desain ke permukaan lembaran stainless. Dan ingat dalam pemindahan atau penempelan gambar desain tidak boleh dilakukan sekaligus dalam bentuk kata melainkan harus ditempel sendiri-sendiri huruf demi huruf.

Pemotongan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemotongan. Langkah ini adalah tahap yang terbilang cukup sulit dan membutuhkan ketelitian yang ekstra. Pemotongan ini menggunakan alat berupa gergaji besi. Di sini Anda harus berhati-hati karena gergaji harus digerakkan menggunakan tangan untuk mengikuti pola desain yang sudah ditempelkan tadi. Kalau Anda salah sedikit saja dalam menggerakkan gergaji, berarti Anda harus mengulang dari awal lagi.

Buat List Untuk Ketebalan Huruf

Tahap sebelumnya adalah proses membuatan huruf yang masih berwujud flat dan belum berupa 3 dimensi. Di sini stainless tidak hanya digunakan dalam pembentukan huruf tapi juga digunakan dalam pembuatan list. Dalam pembuatan list Anda harus menghitung dulu keliling dari setiap tepi huruf, setelah itu barulah Anda memotong sesuai ukuran panjang yang telah ditentukan.

Menyatukan Potongan Huruf dengan List

Proses ini disebut dengan cara dipatri. Tahap ini juga dilakukan oleh tukang service gerabah seperti panci dan lain sebagainya. Di sini Anda membutuhkan alat seperti solder, cairan pembersih logam dan timah. Sebelum proses penyatuan huruf dan list Anda harus membersihkan setiap bagian dengan pembersih logam agar nantinya timah yang ditempelkan dapat merekat dengan kuat. Setelah dibersihkan saatnya menyambungkan potongan huruf dan list dengan cara dipatri.

produksi huruf timbul stainless
produksi huruf timbul stainless

Itulah cara membuat huruf timbul stainless. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan pemolesan terhadap setiap permukaan huruf timbul stainless tersebut agar terkesan lebih bersih dan mengkilap.

Produksi Huruf Timbul Stainless

Huruf Timbul Stainless

Jl Wahid Hasyim no 47-48, Lantai 2, Ngropoh , Condongcatur, Sleman Yogyakarta.

|WA/TLP: 0877 3800 4700 |

| hot line : 0274 487617 |